Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memisahkan Tempat Tanggal Lahir Kedalam Cell Kota dan Tanggal Dalam Excel

Memisahkan Tempat Tanggal Lahir - Jika membahas tentang data karyawan atau data Siswa kita akan ingat dengan Tempat Tanggal Lahir.

Tempat Tanggal Lahir ini merupakan informasi dari tempat atau kota serta tanggal lahir dari masing - masing orang yang ada dalam data tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya Tempat Tanggal Lahir ini jika ditulis dalam Excel akan ditampilkan dalam satu kolom saja.

Lalu bagaimana jika kita ingin memisahkan Tempat Tanggal Lahir tersebut masing - masing kedalam kolom Kota dan kolom Tanggal Lahir.

Dalam artikel ini kita akan membahas kebutuhan tersebut dan tentu saja akan menggunakan bantuan dari beberapa rumus yang sudah ada dalam Microsoft Excel.


Memisahkan Tempat Tanggal Lahir Kedalam Kolom Kota dan Tanggal Lahir


Untuk memisahkan Kota dan Tanggal Lahir dari kolom Tempat Tanggal Lahir dalam Excel ada empat rumus yang akan digunakan.

Keempat rumus tersebut adalah LEFT, FIND, RIGHT dan LEN yang tentunya masing - masing rumus tersebut berbeda fungsi - fungsinya.

Dalam memisahkan Tempat Tanggal Lahir rumus LEFT akan digunakan untuk mengambil Nama Kota yang memang dalam Tanggal Lahir ada pada deret teks sebelah kiri.


Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus LEFT Untuk Mengambil Karakter Dari Kiri Dalam Excel


Selanjutnya rumus FIND akan digunakan untuk mencari posisi tanda baca koma ( , ) yang biasanya merupakan pemisah dari Kota dan Tanggal Lahir.

Nantinya posisi dari koma tersebut akan dijadikan dasar pengambilan digit pada rumus Excel LEFT yang sudah disebutkan diatas.

Selanjutnya rumus RIGHT akan digunakan untuk mengambil Tanggal Lahir pada deret Tempat Tanggal Lahir yang memang posisnya ada disebelah kanan.

Untuk mengambil Tanggal Lahir tersebut kita membutuhkan total dari seluruh huruf yang ada dalam Tempat Tanggal Lahir.

Inilah fungsi dari rumus LEN karena memang rumus LEN tersebut dapat digunakan untuk menghitung jumlah huruf dari sebuah deret teks.


Contoh Memisahkan Kota dan Tanggal Lahir


Setelah memahami rumus apa saja yang digunakan untuk memisahkan Kota dan Tanggal Lahir selanjutnya mari kita bahas contoh penggunaannya.

Silahkan perhatikan contoh gambar berikut ini :


Memisahkan Tempat Tanggal Lahir


Dalam contoh tersebut sudah ada Tempat Tanggal Lahir dalam kolom A yang dipisahkan dengan tanda koma.

Selanjutnya dalam kolom B kita pisahkan Nama Kota dari Tempat Tanggal Lahir tersebut.

Untuk Tanggal Lahir kita pisahkan dan disimpan dalam kolom C yang tentu saja sumbernya diambil dari kolom Tempat Tanggal Lahir.

Adapun rumus untuk mengambil Kota dari Tempat Tanggal Lahir dalam Cell B4 adalah sebagai berikut :


=LEFT(A4;FIND(",";A4)-1)


Rumus tersebut akan mengambil teks kota dari sebelah kiri yang dibatasi dengan tanda koma.

Jadi, berapapun jumlah huruf kotanya rumus tersebut akan tetap menyesuaikan karena yang diambil batasnya adalah tanda koma.

Selanjutnya rumus untuk mengambil Tanggal Lahir dari kolom A pada Cell C4 adalah sebagai berikut :


=RIGHT(A4;(LEN(A4)-FIND(",";A4)))


Rumus inipun pada prinsipnya sama dengan rumus yang pertama hanya saja rumus ini akan mengambil teks tanggal lahir dari sebelah kanan.

Untuk jumlah teks deret tanggal pada rumus ini juga tidak ada batasan karena sudah ditetapkan dasar batasannya adalah jumlah seluruh teks serta jumlah teks sampai dengan batas koma.

Dalam artikel sebelumnya saya juga sudah bahas bagaimana caranya jika kita justru akan Menggabungkan Tempat Tanggal Lahir bukan malah memisahkannya.


Baca Juga : Cara Menggabungkan Tempat Tanggal Lahir Dari Dua Cell Berbeda Dalam Excel


Jika ingin mengetahui cara dan rumusnya silahkan buka serta pelajari pada artikel sebelumnya.

Dari contoh diatas sudah dibuktikan bahwa rumus yang kita gunakan bisa untuk memisahkan Tempat Tanggal Lahir.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara memisahkan tempat tanggal lahir kedalam Kota dan Tanggal Lahir, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.   

Post a Comment for "Cara Memisahkan Tempat Tanggal Lahir Kedalam Cell Kota dan Tanggal Dalam Excel"